Menghitung IPK Mahasiswa dengan PASCAL

Dalam UUD 1945 pasal 31 dinyatakan bahwa setiap warga negara Indonesia berhak mendapat pendidikan dan pengajaran. berdasarkan hal tersebut timbul tujuan pendidikan nasional yang di antaranya membentuk manusia Indonesia yang berkualitas. oleh karena itu warga Indonesia diberi kesempatan untuk mengenyam pendidikan seluas –l uasnya pada berbagai jenjang, jalur dan jenis pendidikan.

Perjenjangan pendidikan mengisyaratkan adanya tingkatan dan lamanya pendidikan. jenjang tersebut mulai dari yang terendah yaitu Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Pertama dan Sekolah Menengah Atas / Sekolah Menengah Kejuruan sampai kepada tingkatan tertinggi yaitu Perguruan Tinggi.

Siswa/i yang sudah mencapai tingkatan tertinggi pada setiap jenjang akan menamatkan pendidikannya pada jenjang tersebut dan akan melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi. Hal tersebut akan menghasilkan "Out Put" dan "In Put" berupa nilai yang ditamatkan

Dengan adanya "In Put" nilai maka akan timbul suatu rangkaian untuk menghasilkan “Out Put” yang terwadahi yang disebut dengan Indeks Prestasi Siswa(IPK). Disini akan dijabarkan langkah – langkah cara pembuatan dalam menghitung Indeks Prestasi Mahasiswa (IPK) dengan menggunakan PASCAL.

1. Buka aplikasi PASCAL yang anda punya.

2. Setelah itu, ketikan program di bawah ini, jika sudah Ctrl + F9 untuk Running Program.

3. Hasil Running Program

3. Selamat mencoba ^0^

1 komentar:

m.nur.arianto mengatakan...

seep..lanjut gan..^^

Posting Komentar